Setiap
kali Anda memasukkan query di mesin pencarian dan tekan 'masukkan' Anda
mendapatkan daftar hasil web yang mengandung istilah query. Pengguna
biasanya cenderung untuk mengunjungi situs web yang di bagian atas
daftar ini karena mereka menganggap mereka menjadi lebih relevan dengan
query. Jika
Anda pernah bertanya-tanya mengapa beberapa situs peringkat lebih baik
dari yang lain maka Anda harus tahu bahwa itu adalah karena teknik
pemasaran yang kuat web yang disebut Search Engine Optimization (SEO).
SEO
adalah teknik yang membantu mesin pencari menemukan dan peringkat situs
Anda lebih tinggi dari jutaan situs lain dalam menanggapi permintaan
pencarian. SEO demikian membantu Anda mendapatkan traffic dari search engine.
Tutorial
SEO mencakup semua informasi yang diperlukan perlu Anda ketahui tentang
Search Engine Optimization - apa itu, bagaimana cara kerjanya dan
perbedaan dalam kriteria peringkat mesin pencari utama.
1. Bagaimana Search Engine Bekerja
Kebenaran dasar pertama yang perlu Anda ketahui untuk belajar SEO adalah mesin pencari yang tidak manusia. Sementara ini mungkin jelas bagi semua orang, perbedaan antara bagaimana manusia dan mesin pencari melihat halaman web tidak. Tidak seperti manusia, mesin pencari adalah teks-driven. Meskipun
teknologi kemajuan pesat, mesin pencari jauh dari makhluk cerdas yang
dapat merasakan keindahan desain yang dingin atau menikmati suara dan
gerakan dalam film. Sebaliknya,
mesin pencari merangkak Web, melihat situs item (terutama teks) untuk
mendapatkan ide apa adalah tentang sebuah situs. Penjelasan
singkat ini bukan yang paling tepat karena seperti yang kita akan lihat
selanjutnya, mesin pencari melakukan beberapa kegiatan dalam rangka
untuk memberikan hasil pencarian - crawling, indexing, pengolahan,
menghitung relevansi, dan mengambil.
Pertama, mesin pencari merangkak Web untuk melihat apa yang ada. Tugas ini dilakukan oleh sebuah software, yang disebut crawler atau spider (atau Googlebot, seperti halnya dengan Google). Spider mengikuti link dari satu halaman ke halaman lain dan indeks segala sesuatu yang mereka temukan dalam perjalanan mereka. Setelah
dalam pikiran jumlah halaman di Web (lebih dari 20 miliar), adalah
mustahil untuk spider mengunjungi situs harian hanya untuk melihat
apakah halaman baru telah muncul atau jika halaman yang telah ada telah
dimodifikasi, kadang-kadang crawler tidak mungkin berakhir sampai mengunjungi situs Anda untuk satu atau dua bulan.
Apa yang dapat Anda lakukan adalah untuk memeriksa apa yang crawler melihat dari situs Anda. Seperti
telah disebutkan, crawler tidak manusia dan mereka tidak melihat
gambar, film Flash, JavaScript, frame, halaman dilindungi sandi dan
direktori, jadi jika Anda memiliki ton ini di situs Anda, Anda sebaiknya
menjalankan Spider Simulator di bawah ini untuk melihat apakah ini Goodies yang dapat dilihat oleh laba-laba. Jika
mereka tidak dapat dilihat, mereka tidak akan jelajahi, tidak diindeks,
tidak diproses, dll - dalam kata mereka akan tidak ada untuk mesin
pencari.
Spider Simulator
Masukkan URL untuk Spider
Setelah halaman dijelajahi, langkah berikutnya adalah untuk indeks isinya. Halaman diindeks disimpan dalam database raksasa, dari mana nanti dapat diambil. Pada
dasarnya, proses pengindeksan adalah mengidentifikasi kata-kata dan
ekspresi yang paling menggambarkan halaman dan menempatkan halaman untuk
kata kunci tertentu. Untuk
manusia tidak akan mungkin untuk memproses sejumlah informasi tersebut
tetapi mesin pencari pada umumnya menangani baik-baik saja dengan tugas
ini. Kadang-kadang
mereka mungkin tidak mendapatkan arti dari sebuah halaman yang benar
tetapi jika Anda membantu mereka dengan mengoptimalkan itu, akan lebih
mudah bagi mereka untuk mengklasifikasikan halaman Anda dengan benar dan
untuk Anda - untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.
Ketika
datang permintaan pencarian, mesin pencari proses itu - yakni ia
membandingkan string pencarian dalam permintaan pencarian dengan halaman
yang terindeks dalam database. Karena
ada kemungkinan bahwa lebih dari satu halaman (praktis itu adalah
jutaan halaman) berisi string pencarian, mesin pencari mulai menghitung
relevansi dari setiap halaman dalam indeks dengan string pencarian.
Ada berbagai algoritma untuk menghitung relevansi. Masing-masing algoritma memiliki bobot relatif berbeda untuk umum faktor seperti kepadatan kata kunci, link, atau metatags. Itulah mengapa mesin pencari yang berbeda memberikan hasil halaman pencarian untuk string pencarian yang sama yang berbeda. Apa
yang lebih, itu adalah fakta diketahui bahwa semua mesin pencari utama,
seperti Yahoo!, Google, Bing, dll secara periodik mengubah algoritma
dan jika Anda ingin tetap di atas, Anda juga perlu menyesuaikan halaman
Anda ke perubahan terbaru . Ini
adalah salah satu alasan (yang lainnya adalah pesaing Anda) untuk
mengabdikan upaya permanen untuk SEO, jika Anda ingin berada di puncak.
Langkah terakhir dalam kegiatan mesin pencari 'adalah mengambil hasilnya. Pada
dasarnya, itu tidak lebih dari sekadar menampilkan mereka dalam browser
- yaitu halaman tak berujung hasil pencarian yang diurutkan dari yang
paling relevan dengan situs yang relevan minimal.2. Perbedaan Antara Mayor Search Engine
Meskipun
prinsip dasar pengoperasian mesin pencari semua adalah sama, perbedaan
kecil antara mereka menyebabkan perubahan besar dalam hasil relevansi. Untuk mesin pencari yang berbeda faktor yang berbeda adalah penting. Ada
saat-saat, ketika para ahli SEO bergurau bahwa algoritma dari Bing
adalah sengaja dibuat kebalikan dari orang-orang dari Google. Sementara
ini mungkin memiliki butiran kebenaran, ini adalah masalah fakta bahwa
mesin pencari utama seperti hal-hal yang berbeda dan jika Anda berencana
untuk menaklukkan lebih dari satu dari mereka, Anda perlu
mengoptimalkan seksama.
Ada banyak contoh perbedaan antara search engine. Misalnya,
untuk Yahoo! dan Bing, faktor on-halaman kata kunci merupakan
kepentingan utama, sedangkan untuk Google link sangat, sangat penting. Juga,
untuk situs Google seperti anggur - yang lebih tua, lebih baik,
sedangkan Yahoo! umumnya tidak memiliki preferensi diekspresikan
terhadap situs dan domain dengan tradisi (yaitu yang lebih tua). Dengan
demikian Anda mungkin perlu lebih banyak waktu sampai Anda mendapatkan
situs dewasa untuk diterima ke atas di Google, daripada di Yahoo!.