Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
- Anchor Text
Kegunaan dalam SEO : Anchor teks sangat berperan penting dalam SEO, karena dengan anchor text-lah blog/post Sobat bisa terekam oleh Search Engine. (Search Engine = mesin pencari. misal : Google, Yahoo )
- Unique Visitor
Kegunaan dalam SEO : Jumlah dari unique visitor akan meningkatkan popularitas halaman Web Sobat.
- Algorithm
halaman ranking blog Sobat dalam hasil pencarian.
Kegunaan dalam SEO : Memahami algoritma Search Engine akan membantu Sobat
meningkatkan ranking blog Sobat dalam hasil pencarian.
- Bot
Kegunaan dalam SEO : Cara Search Engine melihat halaman blog Sobat memengaruhi
ranking halaman blog Sobat.
Contoh : Nama dari bot milik Yahoo adalah inktomi slurp.
- Back Link
Kegunaan dalam SEO : Jumlah dari IBLs ke suatu halaman akan meningkatkan popularitas di Search Engine
Contoh : Jika Sobat me-link halaman ini dengan frase Rank maka itu adalah IBL dari halaman Sobat kepada blog ini
- Blind Traffic
Kegunaan dalam SEO : Mengidentifikasi situs dimana Sobat mendapatkan blind traffic akan membantu menghemat uang untuk promosi yang salah.
Contoh : Jika Sobat adalah vendor software, dan seseorang mengunjungi situs Sobat melalui link yang dia lihat di sebuah situs info masakan, itulah yang disebut dengan blind traffic.
- Clustering
Kegunaan dalam SEO : Semakin banyak halaman Web Sobat yang didata oleh query pencari, semakin bagus kesempatan Web Sobat untuk dikunjungi.
- Cloaking
versi, dan setiap halaman ditujukan untuk bot Search Engine tertentu (memanfaatkan kelemahan setiap Search Engine).
Kegunaan dalam SEO : Ini adalah teknik SEO yang memang sangat tidak dianjurkan, Sobat bisa diberi penalti/hukuman berat jika melakukan hal ini.
Contoh : Sebuah halaman Web yang ditujukan untuk bot milik Yahoo akan dioptimisasi untuk bot milik Yahoo.
- Doorway Page / Gateway Page
Kegunaan dalam SEO : Menggunakan doorway page atau gateway page merupakan pelanggaran
TOS (Terms Of Services) di sebagian besar Search Engine dan dapat dihukum dengan banning.
- Directory
Kegunaan dalam SEO : Search Engine menggunakan informasi yang terdapat di dalam direktori untuk mengevaluasi/menilai halaman.
Contoh : Direktori DMOZ digunakan oleh Google.
- Ethical SEO
Kegunaan dalam SEO : unEthical SEO dapat membuat situs Sobat di-banned oleh Search Engine selamanya.
- Filter Words/ Stop Words
Kegunaan dalam SEO : Sedikit menggunakan kata-kata tersebut sebagai keyword di dalam situs Sobat akan membantu meningkatkan kepadatan keyword dari keyword asli Sobat.
- Google Dance
Kegunaan dalam SEO : Selama update berlangsung, hasil pencarian untuk setiap data center milik google berbeda. Hal ini dapat membuat lonjakan ranking Sobat di Google.
- Hits
Kegunaan dalam SEO : Semakin banyak hit, semakin populer web Sobat.
- Keyword
Kegunaan dalam SEO : SEO adalah proses mengoptimasi halaman Web untuk keyword dan
frase kata sehingga halaman tersebut mempunyai ranking tinggi di hasil pencarian dari suatu query pencarian.
- Keyphrases
Kegunaan dalam SEO : SEO adalah proses mengoptimasi halaman Web untuk keyword dan
frase kata sehingga halaman tersebut mempunyai ranking tinggi di hasil pencarian dari suatu query pencarian.
- Keyword Density
Kegunaan dalam SEO : Semakin tinggi density/ kepadatan suatu keyword, semakin besar
kesempatan untuk memenangkan keyword tersebut dalam hasil pencarian dari situs lain.
- Keyword Research/ Analysis
Kegunaan dalam SEO : Mengidentifikasi keyword yang mempunyai tingkat pencarian tinggi
dapat membantu mengoptimasi halaman Web dengan baik.
Contoh : Wordtracker.com dan Oveture.com menyediakan tool keyword yang berguna.
- Keyword Stuffing/ Spamming
berhubungan dengan tema dengan jumlah banyak yang bertujuan untuk memperdaya
Kegunaan dalam SEO : Walaupun tidak secara langsung melanggar TOS dari Search Engine,
setidaknya saat keyword-keyword tersebut tampak bagi pengunjung, hal ini memungkinkan
Search Engine mengurangi/ memotong teks yang tidak sesuai dengan struktur grammar.
- Link Farm
Kegunaan dalam SEO : Menggunakan link farm merupakan pelanggaran TOS (Terms Of
Services) di sebagian besar Search Engine dan dapat dihukum dengan banning.
( bersambung ke : Istilah - Istilah Dunia Seo (2))