Home » , » Istilah-Istilah Dunia SEO (2)

Istilah-Istilah Dunia SEO (2)

  • Link Popularity
Adalah   Popularitas suatu web/blog di mata Search Engine yang bergantung pada kualitas dan kuantitas dari link ke situs Sobat dan dari situs Sobat.
Kegunaan dalam SEO : Semakin tinggi popularitas link Sobat, semakin tinggi ranking Sobat.

  • Mirror
Adalah  sebuah web/blog  atau halaman yang nyaris sama alias identik. Mirror umumnya digunakan untuk mengincar keyword yang berbeda.
Kegunaan dalam SEO : Menggunakan mirror merupakan pelanggaran TOS (Terms Of Services)
di sebagian besar Search Engine ,bila tetap dilakukan maka situs tersebutakan di-banned

  • META Tags
Adalah  kumpulan "meta" yang di dalamnya ada Meta Description , Meta Keywords, dan Title. Meta tag ini terlatak di bagian head . Sebenarnya, jika dukupas tuntas tentang meta Tag sampai ke akar-akarnya, ada sekitar 50-60an jenis tag yang digunakan dalam suatu web, tapi, yang paling pokok adalah 3 tag yang sudah saya sebutkan di atas.
Tujuan   META Tag adalah menyediakan informasi tambahan mengenai sebuah halaman Web.
Tag yang paling berpengaruh dalam  Search Engine adalah tag keyword dan tag description
Kegunaan dalam SEO : Penggunaan Tag tersebut dalam suatu web adalah agar situs Sobat terdaftar/terdata di Search Engine.
(Meta description sekarang sudah nggak berpengaruh di SERP) Apa itu SERP? Silahkan klik

  • Natural Links
Adalah  Link yang menunjuk suatu Website yang dibuat oleh seseorang karena Website
tersebut berguna/ bagus dan memutuskan untuk membuat link ke situs itu.
Kegunaan dalam SEO : Jenis link ini sangat bagus dalam popularitas link, karena berarti situs yang di-link memang pantas dan mempunyai sumber informasi yang berkualitas. Untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan link natural, pastikan situs Sobat mempunyai konten/ isi yang lebih berkualitas.

  • Off-Page Factors/ Elements
Adalah elemen yang tidak berada dalam kontrol langsung dari developer suatu situs dan berpengaruh dalam menentukan ranking Search Engine.
Kegunaan dalam SEO : Search Engine semakin bergantung pada elemen-elemen ini saat
menentukan ranking karena kebal dari spamming dan penyalahgunaan. (Spam = sampah)

  • On-Page Factors/ Elements
Adalah  elemen yang berada dalam kontrol langsung dari developer suatu situs dan
berpengaruh dalam menentukan ranking Search Engine.
Kegunaan dalam SEO : Elemen-elemen ini cenderung menuju spamming keyword dan
semacamnya sehingga Search Engine tidak “melihat” elemen ini seperti off-page elemen saat menentukan ranking.
Contoh : META tags, page text, title tag text, site link structure

  • OutBound Links
Adalah  link dalam sebuah situs yang menunjuk ke situs lain
Kegunaan dalam SEO : Tidak memengaruhi  popularitas link, tetapi waspadalah untuk tidak melink ke situs yang memungkinkan situs Sobat di-banned.

  • One-way Links
Adalah link ke suatu situs yang tidak berbalas.
Kegunaan dalam SEO :  link ini sangat bagus dalam membangun popularitas link.

  • Page Rank (PR)
Adalah  pengukuran popularitas link milik Google untuk sebuah situs. Semakin tinggi PR, semakin tinggi popularitas link-nya.
Kegunaan dalam SEO : Google mengklaim kalau PR (Page Rank) berperan penting dalam SEO khusus di google.

  • Query
Adalah  pencarian suatu kata atau istilah pada Search Engine.
Kegunaan dalam SEO : ada yang bilang kalau query bisa dijadikan bahan untuk memanipulasi data.

( BERSAMBUNG : Part 3)