Home » , » Istilah - Istilah Dunia SEO (3)

Istilah - Istilah Dunia SEO (3)

  • Ranking
Pengertian : Posisi di hasil pencarian mesin pencari yang dicapai Website untuk keyword/ keyphrase tertentu.
Kegunaan dalam SEO : Semakin besar rangking, SEO semakin baik
  • Reciprocal Links
Pengertian :   Reciprocal link terjadi ketika situs A me-link ke situs B, dan sebagai balasannya, situs B juga me-link situs A.
Contoh : tukeran link / banner
Kegunaan dalam SEO : Hal ini membantu meningkatkan trafik dan bisa juga menambah
popularitas link.

  • Robots.txt
Pengertian :  File yang akan dibaca spider/ bot untuk menentukan bagian mana dari Website yang boleh dikunjungi oleh spider/ bot tersebut.
Kegunaan dalam SEO : Sobat bisa menentukan halaman mana yang boleh terindeks atau mesin pencari mana yang boleh mengindeks Website Sobat. Misal, Sobat bisa menentukan bahwa spider milik Google boleh mengindeks situs Sobat tetapi tidak untuk spider milik Yahoo. File ini berguna untuk menghentikan situs agar tidak diindeks secara tidak sengaja saat dalam proses maintenance atau Sobat a ingin beberapa bagian situs Sobat untuk tersembunyi oleh spider.

  • Search Engine (Mesin Pencari)
Pengertian :  Database Informasi yang didapat dari mengindeks seluruh halaman web yang terdaftar.
Contoh : Google, Yahoo, MSN, DLL

  • SERPS
Pengertian :  Singkatan dari Search Engine Result PageS. (Lebih lanjut, baca : Istilah-Istilah dalam Dunia SEO [Lembar 2] )
Kegunaan dalam SEO : Semakin tinggi ranking situs Sobat di SERPS untuk keyword tertentu yang Sobat gunakan, semakin banyak pengunjung yang Sobat dapatkan.

  • Site Map
Pengertian : Halaman khusus di suatu situs yang berisi representasi struktur link dari situs yang berbentuk tree-like.
Kegunaan dalam SEO : Halaman ini memungkinkan spider mesin pencari untuk mengindeks
halaman-halaman penting dari situs dengan mudah karena bisa dengan mudah diakses dalam satu halaman. Link menuju site map sebaiknya mudah diakses dan diindeks.

  • Spam
Pengertian :  Dalam konteks SEO, spam merujuk pada teknik manipulasi yang melanggar TOS / peraturan dari mesin pencari dan didesain untuk memperoleh ranking tinggi dari suatu halaman Web.
Kegunaan dalam SEO : Melakukan spam akan berakibat pada banning/larangan.

  • Title Tag
PengertianTitle tag digunakan untuk menentukan teks yang muncul di bagian atas dari jendela browser saat mengunjungi halaman Web. Title tag juga muncul sebagai teks link ketika situs muncul dalam hasil pencarian.
Kegunaan dalam SEO : Title tag berpengaruh dalam ranking situs. Pastikan bahwa title tag adalah teks yang cocok dan relevan dengan tema halaman Web Sobat.

  • Title Text/ Attribute
Pengertian :  Teks yang dilampirkan pada tag HTML mana saja dan muncul saat mouse diposisiskan di atas konten tag yang relevan.
Kegunaan dalam SEO : Jika digunakan dengan benar dapat berpengaruh bagi ranking mesin
pencari. Title Text/ Attribute bekerja seperti ALT Text/ Attribute.

  • UnEthical SEO
Pengertian :  Melakukan teknik-teknik SEO dengan tidak benar dan ilegal sehingga membuat situs Sobat terdaftar dalam blacklist oleh mesin pencari.
Kegunaan dalam SEO : Praktek ini dapat membuat situs Sobat di-banned oleh mesing pencari selamanya.
Contoh : Cloaking, gateway page, dan semacamnya.