Home » , » Mengapa Blog Harus Nama Unik ?

Mengapa Blog Harus Nama Unik ?

Dalam hal pemilihan nama suatu blog ternyata ada kaidah dalam penamaan agar tampak lebih professional. Mengapa blog harus nama unik ?, tentu saja agar orang akan sangat mudah mengingat nama blog kita dan kembali mengunjungi blog kita kapan saja , bahkan bisa berdampak pada naiknya ranking di search engine karena keyword nama blog kita. 

Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan nama blog adalah sebagai berikut : 


1. Tujuan


Apa tujuan kita nge-blog? Tentu saja orang yang professional akan mempunyai nama blog yang kompeten dan bertautan dengan nama blognya. Contohnya bila senang dalam hal dunia elektronika maka bisa saja orang tersebut membuat nama blognya dengan kata-kata umum elektronika. 


2. Topik Blog 


Biasanya topic blog sudah kelihatan ketika orang membaca namanya. Ketika nama sebuah blog tampak seperti nama orang, biasanya topic blog tampak seperti nama orang tersebut. Dan sebagainya . 


3. Harapan jangka panjang


Dalam hal ini tujuannya adalah apa yang diharapkan dalam jangka panjang nanti ? apakah ingin membangun citra sendiri, sekedar hobi ataukah ingin mendapatkan banyak iklan ? 


4. Berapa orang yang mengelola blog itu


Kalau pengelolanya banyak maka pemilihan nama blog tentu dengan cara kesepakatan bersama dan hal itu tidak berlaku bagi pemilik perorangan. Contohnya nama blog dari sebuah partai tentunya tidak bisa seenaknya membangun nama blog dengan yang keluar dari jalur blog itu sendiri. 


5. Isinya 


Bila dilihat dari isinya apakah blog yang akan diberi nama nanti berisi konten lucu atau konten serius ? itu juga harus menjadi pertimbangan. 

6. Panjang nama 

Nah, dalam hal ini panjang nama dari suatu blog juga akan berpengaruh terhadap cara orang mengingat blog kita. Kalau orang membeli sebuah domain mungkin nama bisa dijadikan super pendek dan jelas, lain halnya bila blog masih menggunakan domain gratisan seperti blogspot maka awalan dari nama akan menambah daftar nama yang perlu diingat pengunjung. 

Jadi kesimpulannya, nama dari blog haruslah sekaidah dengan trik SEO yang salah satunya tadi ‘unik’ dan mudah dipahami serta dihafal oleh pengunjung. Seberapa unikkah nama blog sobat sekarang ini ?