Home » , » Optimalisasi sebuah Blog yang baik

Optimalisasi sebuah Blog yang baik

Bagaimana membuat blog yang baik dan optimal tentu banyak disinggung dan dijabarkan panjang lebar di postingan sobat-sobat blogger tanah air maupun manca negara. tetapi pada intinya semua mengandung unsur kesamaan persepsi dan cara pandang tentang cara Optimalisasi sebuah blog yang baik dan benar.



Tentu saja dengan berbagai penyempurnaan dan tips-tips SEO maka akan menambah semakin menarik dan menambah powerfull bobot site / blog kita dimata pengunjung maupun dimata 'raja' optimasi yaitu mbah google. semakin bagus dan optimal blog kita maka semakin betah pula para pengunjung untuk menikmati artikel-artikel yang kita suguhkan kepada pemirsa.

Disini saya akan berbagi tips yang akan membuat blog kita menjadi lebih baik, diantaranya :

1. Kecepatan

Di beberapa survey ternyata sebuah blog akan dikatakan menarik bila pengunjung bisa mengakses blog kita secara penuh dengan estimasi waktu antara 10-30 detik saja. jadi semakin lama blog kita me-load page yang akan kita suguhkan maka dijamin para pengunjung akan segan untuk menelusuri artikel kita yang lain dan tentu saja bisa jadi akan meninggalkan blog kita sebelum sempat membacanya. jadi kunci utama adalah keringanan blog kita.

2. Desain

Bentuk dan rupa-rupa desain blog harus disuguhkan semenarik mungkin agar pembaca / pengunjung merasa nyaman dengan tampilan serta dapat dengan enjoy menelusuri lorong-lorong link di blog kita. rupa-rupa yang menarik disini bukannya semua widget kita tempelkan yang akan semakin menambah bobot berat blog kita, tapi semaksimal mungkin membuat blog kita indah dengan hiasan minimal. jangan lupa sekarang seorang peselancar sering hanya mencari apa yang dia butuhkan di mesin pencari lalu membacanya bukannya menikmati 'pemandangan' gemerlap sebuah blog. jadi minimalis dalam desain lebih elegan dan menarik perhatian.

3. Keyword

Keyword merupakan kunci penting untuk menjaga kepopuleran sebuah blog. membuat blog tentu bukan cuma menulis artikel dan mempostingnya, tapi juga memikirkan bagaimana caranya agar artikel tersebut mudah dicari di mesin pencari dan sebisa mungkin menempati posisi rating teratas di mesin pencari. Tetapi jangan terlalu merisaukan sebuah keyword yang akan merugikan kita sendiri dan tentu saja urusan kita bukan sekedar keyword kan ?. jadi intinya keyword penting tapi isi artikel yang berkualitas lebih penting untuk menarik simpati pengunjung.

4. Fokus

Kenapa harus ada kata fokus ?, tentu saja harus, karena sejak mula kita membuat suatu halaman blog harus mempunyai niat awal untuk apa dan diisi apa blog ini nanti. nah itu yang dinamakan fokus, jadi andai kita hobi otomotif maka blog kita haruslah memfokuskan dalam lingkup otomotif jangan melenceng ke hal-hal lain semisal bab masakan, tidak relevan bukan ?. kecuali kalao blog kita gado-gado maka semua artikel boleh masuk.

5. Kredibilitas

Seseorang yang mengunjungi blog kita akan menilai bobot si penulis, bahkan bisa saja si pengunjung akan menjadi penikmat setia blog kita tatkala kita meng-update sebuah artikel. karena pengunjung akan percaya bagaimana kualitas dan kuantitas tulisan kita. jadi intinya disini jujurlah sebagai penulis di sebuah blog, maka sedikit demi sedikit blog kita akan merangkak naik di search engine.